Gender Tokek !!!

Sekedar informasi saja,  Jenis Kelamin atau Gender Tokek telah dijelaskan secara singkat dalam tulisan mengenai “Manfaat Daging Tokek !!!” yang terdapat pada  https://tjingwen.com/2009/09/25/manfaat-daging-tokek/ , yaitu dapat dilihat dari warna bintil2 pada permukaan kulitnya.  Warna “merah bata” adalah berjenis kelamin jantan dan warna kekuningan berjenis kelamin betina.

Nah… sebagai informasi tambahan yang saya peroleh dari Bro “Komandan” yang kalau ngak salah berasal dari Medan mengatakan bahwa”Tokek betina pada umumnya tidak bisa mencapai berat 4 ons, maksimal hanya mencapai berat 3,2 ons, kecuali yang obesitas katanya.”

Jadi disarankan… jika hendak memelihara untuk mencapai berat tertentu, janganlah memelihara Tokek Betina, kecuali memang hendak diternak/breeding.

Demikian informasinya… jika ada informasi lain yang sekiranya berguna akan segera saya tambahkan.

Iklan

35 Komentar (+add yours?)

  1. ecky
    Nov 02, 2009 @ 13:29:05

    bagaimana dengan tokek yang warnanya bintik2 putih dan ada yang warna bintik coklat hitam?? berjenis kelamin apa..? soalnya di daerah sulawesi warna tokek pada umumnya seperti itu.! mohon penjelasan lebih lanjut…

    trimakasih

    Balas

    • Tjing Wen
      Nov 04, 2009 @ 10:23:10

      Hallo Ecky, wah… saya juga baru dengar ada yg berciri seperti yg anda sebutkan itu. Jika memungkinkan tolong kirimkan ke saya fotonya, sehingga bisa di pasang dan minta masukan dari rekan2 lainnya. Tks

      Balas

      • resta
        Des 08, 2011 @ 12:41:36

        ko tjing Wen,saya juga punya tokek yg bintik di kulitnya putih2,gimana cara membedakan jantan betinanya??

      • Tjing Wen
        Des 11, 2011 @ 01:00:42

        Hallo Resta, dari yang saya ketahui…tokek cowo bintiknya kemerahan atau “merah bata”, sementara tokek cewe bintiknya berwarna kekuningan. Itu yang saya tahu…

        tks

      • resta
        Des 14, 2011 @ 20:24:28

        hbis ciri2 tokek saya sama yang disampaikan oleh eky..bintk dkulitnya agak kehitaman dan bintik putih putih..makasi ko..

  2. tri handoko
    Nov 23, 2009 @ 15:03:22

    makanan apa biar tokek jantan bisa cepat besar….?mksih…

    Balas

    • Tjing Wen
      Nov 29, 2009 @ 23:49:45

      Hallo Bro Tri Handoko, masalah pakan agar cepat besar, saya sendiri kurang paham nih… sehari2 saya hanya memberi pakan jangkrik saja. Saya juga dapat informasi dari penjual jangkrik… memang harus telaten dalam memelihara tokek, karena memang pertumbuhannya itu sangat lambat.

      Menurut penjual jangkrik itu, dibelakang komplek perumahan tempat tinggal saya juga ada yg beternak (dalam hal ini memelihara) tokek dalam jumlah puluhan ekor dan katanya memang hanya diberi pakan jangkrik saja. Sayapun belum sempat mampir ke sana, pingin juga sih lihat2 cara orang itu memelihara tokek.

      Balas

  3. Sugito
    Nov 30, 2009 @ 22:12:21

    Sy mau cari pembeli TOKEK yg serius berat 1ons (up) smpe 4ons utk wilyh Cirebon kmana trus persyaratannya apa aja.
    Spesifikasi,Berat & harga beli mohon kirim ke email : cirebon_tokek@plasa.com atau 085659832219, mksh..(sugito,Cirebon)

    Balas

  4. yani
    Des 11, 2009 @ 08:46:04

    saya punya tokek rumah di atas 3 ons. siapa cepat dia dapat. hub. 081615183883

    Balas

  5. sanman89
    Des 18, 2009 @ 16:57:25

    Bro tjingwen, mau donk tulisan2 terbarunya juga…

    Balas

  6. budiawan
    Jan 01, 2010 @ 18:45:19

    saya di kalimantan timur, ditempat saya harga tokek minimal 2,7 ons berkisar 25 -35 juta, mungking ada teman dari daerah lain yang berminat menjual bisa hubungi saya di 081253069380,tks

    Balas

    • jaka
      Feb 04, 2010 @ 20:54:27

      Kalo berat 2.5 ons – 2.9 ons berapa harganya ? Anda bisa datang ke lokasi gak ? Kalo yang diatas 3 ons berapa harganya ? Boleh minta harga detailnya ? Mungkin kita bisa berbisnis nanti. Terima kasih.

      Balas

  7. awit
    Jan 03, 2010 @ 22:51:40

    saya punya tokek rumah 5 ekor….belum ditimbang….berat diperkirakan antara 1,7 s/d 2,7 ons dan mau dijual, lokasi di banjar – jawa barat, peminat silahkan call 0265 745363 atau e-mail ke awitrohani@peoplestring.com harga nego…

    Balas

  8. rayfana
    Jan 13, 2010 @ 16:11:33

    sy sdg mencari tokek 3up hrg 35jt/ekor 4up 250jt/ons jd yg berminat silakan hub 085652225827.

    Balas

  9. sumaidah
    Jan 31, 2010 @ 15:40:43

    kmi punya tokek mlai ukuran 2,5ons smp 4ons? harga per ons kami buka 10jt nego untk yg 2,5 ons yg 4ons silahkan nego dgn kami?
    hub kami di no 081334002777 & 03417555289
    tokek yg kmi sediakan adlah tokek jenis jawa…….

    Balas

  10. rimba
    Feb 01, 2010 @ 17:17:32

    hallo sobat2 semua…..
    saya juga punya tokek nich… ceritanya punya 50 ekor…. saat ini beratnya berkisar 2,5 – 2,8 ons…. utk bung awit boleh ya saya kontak mgkn bisa menjual ke KALTIM nich…. ada trik utk penggemukan TOKEK selain diberi pakan jangkrik… coba pakan diselingi pakai GANGSIR sejenis jangkrik juga plus seminggu sekali dikasih susu agar staminanya terjaga…. semoga bisa membantu buat temen temen disini…. HP saya 05258282074…. semoga kita bisa saling menjalin persahabatan disini…. email saya rimbaina@yahoo.com…..

    Balas

    • Tjing Wen
      Feb 01, 2010 @ 23:15:53

      Hallo Rimba,

      Nyari Gangsirnya itu lho dimana ? Kalau saya ngak salah ingat, “Gangsir” itu sejenis jangkrik yg berukuran besar, kira2 seukuran ibu jari yah ???

      Wah… kalau dikasih minum susu berarti harus diganti setiap harinya… mengingat tokek itu jarang sekali kelihatan minum.

      Balas

  11. rimba
    Feb 01, 2010 @ 17:18:49

    wah salah tuh…. hallo bung BUDIAWAN…. semoga kita bisa saling bekerjasama yach….

    Balas

  12. rimba
    Feb 03, 2010 @ 18:00:20

    selamat sore semua sobat2 terutama bung Tjing Wen…….
    benar bung Tjing Wen gangsir itu sebesar ibu jari lebih besar dari jangkrik … biasanya dihalaman rumah atau kebun suka ada gangsir…. itu lebih baik dari jangkrik… ditempat saya dibelakang kebun lumayan banyak… 2 jam saja sdh bisa dapat 100an gangsir…. kalau diberi susu caranya>>> biarkan dulu tokek sehari semalam tidak usah diberi air minum/puasa air…. baru sore harinya dikasihkan…. jgn sampai wadahnya terbuat dari plastik… akan lebih baik kalau wadahnya terbuat dari bambu… sebenarnya tokek juga butuh minum cuma kita biasanya lupa…. karena kita menganggap tokek jarang minum….

    Balas

    • Tjing Wen
      Feb 04, 2010 @ 23:24:47

      Hallo Bro Rimba,

      Ngomong2 anda tinggal di mana… koq banyak gangsirnya. Kalau ditempat saya sih, boro2 ada gangsir, jangkrik saja harus beli ke penjual pakan burung!!! He… he… he…

      Balas

      • rimba
        Feb 26, 2010 @ 21:23:46

        hallo juga bung Tjing WEN…. saya berada didaerah banyuwangi… maklum banyak tanah ladang jadi banyak gangsirnya……. bagaimana kabar tokek2nya bung…. semoga epat perkembangannya yach….. oh ya bung Tjing Wen, mau tanya dikit apa bung Tjing Wen tahu dimana yg bisa menerima daging tokek. pasalnya ditempat saya ada yg berbisnis daging tokek dalam keadaan dibekukan….. mgkn ada peluaang usaha didaging tokeknya…..

  13. suki
    Feb 11, 2010 @ 14:22:05

    dicari tokek berat minimal 4 ons sampai ditempat, badan harus mulus dan di tangkap tidak dengan tangan ( harus dengan sarung tangan).
    kemasan: 1. siapkan kardus dan di beri lubang angin
    2. Sediakan daun pisang dan di basahkan.
    harga kurang lebih 1 miliyard.
    bagi yg serius dan ada barangnya harap tlp sama 081977726127 thx.

    Balas

  14. maxlender
    Feb 18, 2010 @ 18:40:08

    wuih…. saya pemburu tokek, nangkapnya spesialis.
    sarung tangan lembut yang tebal, langsung masuk wadah dari kayu yang masih beraroma kayu.

    Balas

  15. rimba
    Feb 26, 2010 @ 21:29:36

    Oh ya para sobat2 yg punya tokek minimal 3,3 ons bisa menghubungi saya, mgkn ada kecocokan harga sekaligus kalau ada yg 4 up sampai 1 kg bisa diacarakan pada saya. kebetulan saya mempunyai jaringan utk penjualannya…. hub di 081252777468…. kalau lg ndak ada jaringan harap sms…..
    semoga bermanfaat bagi kita semua….
    yg jelas yg dicari adalah tokek rumah atau pohon yg berasal dari pulau jawa, sumatra dan kalimantan……. utk daerah lain masih belum memenuhi kriteria……
    makasih sebelumnya>>>>> lebih2 yg punya room

    Balas

  16. adnan
    Mar 19, 2010 @ 11:55:50

    saya punya 2 ekor dan sulit membedakan mana betina dan jantangnya sedangkan dirum ad binti batu merah dan warna biru mudah,.,.,satunya ada yang ekornya tebal diatas dan ada yang ekornya lurus,.,..kira-kira mana tokek betina saya dan jantangnya?
    tolong dibantu,.,,.terimakasih

    Balas

    • adnan
      Mar 19, 2010 @ 12:09:12

      bagi yang mau beli toket saya harap hubungi secepatnya baru 17 dan 18 saya langsung dapat 2 ekor,.,tawar menawar kontek ajah,.,.,.,
      02196796754
      depan citos jakarta selatan
      kabarin di Facebook jga bisa
      Hamdan_htt@yahoo.com
      terima kasih!!!!!!!!!!!

      Balas

    • Qilay
      Mar 30, 2010 @ 02:36:39

      klo tebal diatas berarti tumbuh sempurna klo lurus aja bekas putus bro.klo g si bedaiin jantan postur tubuh lebih kekar dan pala lebih besar jg.kalo betina lebih kecil pala pun kecil.

      Balas

      • Tjing Wen
        Mei 04, 2010 @ 23:01:04

        Hallo Qilay,

        Benar kata anda…yg jantan bentuk kepala lebih membulat, sementara yg betina bentuknya agak memanjang. Tapi untuk mudahnya lihat dari warna bintik2 di tubuhnya, agak kemerahan atau merah bata itu jantan, sedangkan yg betina bintik2nya berwarna kekuning2an. Tks, atas sharingnya.

  17. Hog lie
    Mei 08, 2010 @ 17:51:45

    ada yg lebih spesifik lg gak ya mengenai gender tokek…???
    sharing dong….??

    Balas

    • Tjing Wen
      Mei 09, 2010 @ 23:43:55

      Hallo bro Hong Lie,

      Belum dapet ilmunya lagi nih mengenai gender yg lebih spesifik. Tapi buat saya, berdasarkan warna bintik2 di kulitnya serta bentuk kepalanya, sudah cukup untuk bisa membedakan antara tokek jantan dan tokek betina.

      Balas

  18. ini_budi
    Mei 16, 2010 @ 10:53:38

    hallo aq pny tokek yg jantan ukuran 31cm dgn berat 2,1 ons, yg betina ukuran 25cm yg betina blum ditimbang, di daerah ku yg jantan cm ditawar 400rb, jd gk aq kasih :p, adakah yg mau beli lebih posisi dijateng kudus 085325122588

    Balas

  19. yudha
    Jun 12, 2010 @ 12:59:22

    bagi pternak tokek yg membutuhkan jangkrik tuk pakan tokek bs hub sy 02192248469,km jg menjual bibit jangkrik/telur, trims

    Balas

  20. yudhi
    Agu 09, 2010 @ 13:27:06

    klu tokek ekor cabang dua, da pasarannya ga ya ?

    Balas

  21. eko
    Okt 06, 2010 @ 13:56:23

    mo jual tokek ukuran 2,5onsdan 3ons info hub 021-90620047

    Balas

  22. ARachman
    Feb 03, 2012 @ 09:42:04

    saya ir.arachman dari makassar sy juga penggemar gecko, wah…boleh join ga ya? soalx sy juga pux gecko patau kita bisa sering dlm berbagai hal.sy sangat tertarik dgn adax komunitas seperti ini.you can call me arman ok ?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: