Berburu Tokek

Tokecang tokecang ada tokek makan kacang

Pesona tokek yang mengilhami lagu tersebut ternyata tidak seindah bayangan kita akan eksotisme tokek.   Bagi beberapa orang tokek tidak lebih dari cicak besar yang menjijikkan dan melahirkan pameo bahwa kehadirannya di rumah sering membawa hantu.

Bernama binomial Gekko gecko, Tokek dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, karenannya beberapa orang rajin mengkonsumsinya.    Adanya permintaan bagi kebutuhan tokek membuat beberapa orang berprofesi sebagai pencari tokek.

Beruntung malam itu saya bertemu dengan 2 (dua) orang pencari tokek ketika sedang istirahat di sebuah warung angkringan di sekitar Jl. Kaliurang Yogyakarta.    Bagi beberapa orang, tokek ditakuti karena gigitannya yang sulit terlepas, bahkan beberapa orang menganggap gigitan tokek baru akan terlepas jika ada terdengar bunyi petir.

Tapi bagi pencari tokek, pameo ini tentu saya dibantah, bahkan menurutnya hal yang paling ditakutinya adalah “bertemu penampakan” dan dituduh maling.    Maklum saja, para pemburu tokek menjadikan makam sebagai tempat mencari tokek yang ideal.    Pohon besar juga merupakan tempat ideal untuk mencari tokek. Tokek memang sering menyimpan telurnya di celah-celah lubang pohon.
Selain makam, rumah-rumah kosong juga menjadi tempat ideal, karenanya mereka sering dianggap maling, terlebih proses pencarian tokek berlangsung malam hari.    Mereka menuturkan, bahwa mereka pernah dipukuli massa karena dianggap maling.

Berbekal galah sepanjang kurang lebih 2,5 meter serta tempat penyimpanan berbentuk kotak mereka berkeliling mencari tokek.    Hasilnya kemudian di jual ke pengumpul.    Malam itu mereka berhasil memperoleh sekitar seratus ekor tokek.    Tapi tidak semua tokek dihargai oleh pengumpul, tokek yang mati atau tokek yang ekornya putus tidak dihitung.

Tokek yang ada di hargai berdasarkan ukuran dan dibeli borongan. Tapi walaupun tidak dihitung, tokek yang buntung itu tetap diserahkan kepada pengumpul, “daripada dibuang,” katanya.

Dibalik bunyinya yang sering menggangu, ternyata tokek bagi beberapa orang adalah ladang rezeki dan bagi beberapa orang yang lain adalah sebuah harapan bagi proses kesembuhan.

Sumber gambar: http://id.wikipedia.org/

Diambil dari http://zoelk.blogspot.com/2008/05/berburu-tokek.html

Iklan

53 Komentar (+add yours?)

  1. mirianto
    Jul 24, 2009 @ 11:15:25

    koq mirip cecak yah kalo diliat? Apa makanannya? Apa bisa jadi pengusir nyamuk juga?

    Balas

    • Tjing Wen
      Jul 24, 2009 @ 13:11:11

      Bro Mir, benar Tokek itu khan masih saudaranya Cicak, cuma Tokek ukuran badannya jauh lebih besar. Coba deh anda cari di internet… malah ada yg ukurannya itu bisa seperti Iguana. Tapi melihat secara langsung yg seukuran itu sih saya sendiri belum pernah.

      Makanan saya berikan “Jangkrik”, pernah saya belikan “Ulat Hongkong” tapi ngak dimakan. Kalau baca pembahasan tentang Tokek, malah biar cepat gemuk disuruh kasih makan “Telur Rebus” dan “Udang Kering” atau “Ebi” !!! Saya sih belum pernah coba.

      Kalau buat pengusir nyamuk, saya pikir ngak bisa yah… kalau kita lepasin tokek di rumah, bisa2 cicak yg ada di rumah pada kabur semua. Lha… tokek itu kalau lagi laper yah… makan cicak dan makan tokek yg ukurannya lebih kecil juga sih !!!

      Balas

    • Tjing Wen
      Jul 24, 2009 @ 13:48:15

      Minggu lalu saya ada beli 2 ekor lagi yg ukurannya badannya lebih besar, maksudnya yg sudah bisa bunyi !!! Kata yg jual sih sudah bisa bersuara. Kandangnya saya gunakan aquarium yg ukurannya lebih besar dan saya gabungkan jadi satu tempat. Tapi sudah 6 hari ini, koq masih sama juga tuh tokek, yg baru beli juga masih belum mau bersuara ???

      Ntar saya tunggu sebulanan lagi… kalau masih belum mau bersuara… saya mau coba salah satunya akan saya lepaskan di pohon jambu air yg sudah besar di halaman belakang. Siapa tahu kalau dilepas bisa bersuara… tapi saya khawatir dia akan minggat. He… he… he…

      Balas

      • setya
        Okt 30, 2010 @ 05:54:12

        tokek kalau dipelihara pakai ukuran kecil pertumbuhannya lambat… tokek kalau cepat besar biasanya di tempat yang sangat besar dan menunggu hingga 6 bulan… saya butuh tokek berat 420 gram panjang 40cm. berat 350-390 gram minim 6 ekor. jika ada hubungi saya 085732111797. SEGERA !!!!

  2. mirianto
    Jul 28, 2009 @ 20:30:51

    Ooo, begitu ya? Jadi tokek itu termasuk pemakan daging donk yah? Apa ada tokek pemakan tumbuhan saja? Soalnya kalau memberi makan jangkrik, rasanya tiap kali harus membeli jangkrik? Kalo iguana khan dia mau memakan tumbuhan seperti pepaya?

    Selain itu joga, katanya tokek juga bisa dijadikan obat untuk sakit asma yah, kalau dagingnya dimakan? Apa benar itu? Yang tidak mau bersuara, apa tidak sebaiknya dibuatkan semacam kandang yang rada besar gitu, atau kalo tidak kebunnya ditutupi dengan pagar, jadi tokeknya tidak kabur?

    Balas

    • Tjing Wen
      Jul 30, 2009 @ 01:04:09

      Kata kanibal mungkin lebih cocok yah… dibanding pemakan daging, karena saya coba berikan ebi… ngak dimakan tuh !!!

      Sudah lama sih denger kalau tokek juga berkhasiat buat mengobati penyakit asma dan penyakit kulit, tapi kalau saya baca tulisan tentang manfaat tokek di internet, koq banyak sekali manfaatnya. Apa bener2 bisa tuh buat mengobati berbagai macam penyakit juga termasuk “katanya” mengobati HIV AIDS !!!

      Kalau tokek yg sudah dikeringkan saya sendiri pernah lihat ada dijual di Toko2 Obat Chinese, bahkan sewaktu saya pergi ke luar kota, kalau ngak salah di Yogya atau Solo, pernah ada yg jual “Tokek Goreng” untuk snack/makan kecil. Kalau belut goreng atau bekicot goreng sih sudah ngak aneh… lha ini tokek goreng !!!

      Kalau dibuatkan kandang dari papan sih sudah kepikir… tapi problemnya… kalau menaruh jangkriknya itu lho !!! Kalau gunakan aquarium khan lebih mudah… jangkrik tinggal dilepas di dalam aquarium… aman deh… ngak pada keluar.

      Lha kalau kandangnya dari papan plus kawat… pada kabur tuh jangkriknya, mau ditutup pakai kawat halus… khawatir ventilasinya kurang bagus dan membersihkan kotorannya juga ribet dibanding kandangnya menggunakan aquarium.

      Kalau aquarium khan tinggal dialasi kertas koran, mau dibersihkan… tinggal angkat kertas korannya dan ganti dengan yg baru. Jauh lebih praktis saja sih !!!

      Tapi… biar tokeknya mau bersuara… saya akan coba dengan menutup beberapa permukaan aquarium dengan plastik berwarna gelap. Siapa tahu dia mau bersuara !!! He… he… he…

      Balas

  3. aryo
    Agu 05, 2009 @ 18:36:25

    nyari tokek
    harga kisaran brp yg 4 ons, 5,6, pai 10 ons
    ada yg punya
    link aja ke my email : canophy13@yahoo.com

    Balas

  4. indra
    Agu 26, 2009 @ 10:25:08

    iya nih aku juga lagi tokek 2 ekor saja untuk obat asma yg gak usah besar banget…
    tokek yg remaja lah yg dagingnya masih kenyal & gak begitu alot paling yg berat e sekitar 5 – 8ons
    trus direbus dgn ramuan dr toko obat cina, kan klo beli yg goreng udah gak fresh lagi tuuuh….

    klo ada yg pny email aku ya, butuh banget buat obat…

    Balas

  5. samson
    Agu 28, 2009 @ 14:20:12

    aku pnya tokek dgn berat rta2 1,5-1,8 ons, berapa bulan lagi ya, sampai 3 ons hik hik …………:) jmlahnya 13 ekor

    Balas

  6. Agam
    Agu 28, 2009 @ 15:39:29

    saya punya yang berat 2-2,7 ons sebanyak 25 ekor,.Minat ? hub ke +62817843222

    Balas

  7. yulis
    Sep 24, 2009 @ 15:58:16

    mari di intip gan…koleksi saya ne….!!!
    tp lum pernah d timbang…..:)
    http://tokekmania.multiply.com

    Balas

  8. fanny pandean
    Okt 18, 2009 @ 17:05:53

    saya mempunyai tokek dengan berat 3ons panjang 25cm bagi yang berminat hub saya fany di 04313413121
    saya lagi butuh uang jadi pasti dijual murah

    Balas

  9. brad
    Okt 28, 2009 @ 06:23:11

    saya ada tokek nih boss.. blm ditimbang baru dateng boss.. panjang ada 25 cm + ekor
    buyer serius call ke 0815 1113 9746

    thanks

    Balas

  10. gigih aristya
    Des 11, 2009 @ 21:39:44

    mas saya punx orderan tokek… brapapun mntakna akan saya beri kiriman… klo tntang ukuran saya gk bs nentukan… denger2 bisa buat obat… mungkin mas mau menampung ato gmn..? hubungi saya: 08785272731 ni bukan tokek saya tapi paman saya yang hobi dan pencari mamalia reptil itu saya di tugasi cari pengumpul mngkin mas bs bntu…. ad barang ad uang mas langsung kirim ke tempat…? msalah harga bs nego..?

    Balas

    • setya
      Okt 30, 2010 @ 06:04:24

      saya order tokek pak. posisi saya di surabaya.. saya butuh tokek berat 350 garam-395 gram 10 ekor. 400 gram butuh 10 ekor aja. ada hub saya 085732111797. segera!

      Balas

      • jinggo
        Nov 18, 2010 @ 03:01:18

        ya pak saya dari malysia saya mahu beli kamu punya tokek berapa 10 ekor?gambarnya ada ngak tolong send dalam email saya ya…

  11. rahman
    Des 21, 2009 @ 14:19:44

    saya Punya Tokek.. Berat TeraKhir 3,5 Ons MinaT Hub : 081382348717…. Ada Dua…. yaNgg sTu LebiH KeciL,,,,, kLo bisa BoroNgaN yUa!!!! SERIUS…..

    Balas

  12. awit
    Jan 03, 2010 @ 22:47:45

    saya punya tokek 5 ekor…belum ditimbang…jenis tokek rumahan, kalo dikira2 beratnya antara 1,7 s/d 2,7 ons, makannya lahap banget!! yang berminat call 0265 745363..atau e-mail di awitrohani@peoplestring.com lokasi di banjar – jawa barat…..harga nego!!!

    Balas

  13. adi
    Mei 04, 2010 @ 00:30:36

    Cara melepaskan gigitan tokek :

    Siram mulutnya dgn air hangat.. Atau alihkan gigitan tokek pada benda lain yg lunak.. Insya Allah lepas..

    Balas

  14. kafi
    Mei 04, 2010 @ 14:36:41

    sy cari tokek berat 4 on sy beli 8 M . hub 085885307408 . bagi yang serius aja

    Balas

  15. tokeksehat
    Mei 08, 2010 @ 18:28:12

    @kafi : minimal 4 ons ya…??…..saya ada 3 ons aja, nunggu bbrp bln mungkin bisa mencapai berat 4 ons….:)

    Balas

  16. ngadiyono
    Mei 09, 2010 @ 12:44:46

    jual tokek 2ons2ekor 1,5ons1ekor 1ons1ekor juga menyediakan tokek dibawah 1ons untuk bibit lokasi yogyakarta hub sms 08 562 562 780

    Balas

  17. Airus_Jogja
    Mei 16, 2010 @ 22:57:51

    Tokek saya bobotnya sudah 2.7ons dan 3.1ons jika berminat segera hub. 081392278213 lihat fotonya di —->> http://img692.imageshack.us/i/12877797.jpg atau —->>> http://img14.imageshack.us/slideshow/webplayer.php?id=64212242.jpg

    Balas

  18. Trackback: Melacak Catatan Lama « cerita dunia
  19. riea fh
    Jun 03, 2010 @ 10:29:20

    DIJUAL toke dengan berat 3 ons 35jt
    bisa NEGO
    bagi yg seriiius hub
    sy 085692690902

    Balas

    • ary
      Okt 31, 2010 @ 23:17:33

      brp ekor Pak..?panjang brp Pak..? saya cr 3Up panjang normal minimal 15ekor hrg normal 150jt SS, klu ada 4Up – 1kg. hrg kt brani bersaing.

      Balas

  20. antoni
    Jun 04, 2010 @ 23:28:15

    saya ada tokek 18 ekor rata2 panjangnya 25cm-31 cm ada yg berminat call 085857147836.posisi ada dikuta-bali

    Balas

  21. bahri
    Jul 18, 2010 @ 11:22:34

    Apa benar ada org yg berani beli tokek sampe puluhan n ratusan jt? Setahu aku hrg tokek yg 300 gr = Rp.4jt

    Balas

  22. bahri
    Jul 18, 2010 @ 11:33:08

    Bagi yg pny tokek n berniat menjualnya…sy sarankan, carilah org yg bnr2 lg cari tokek (buyer serius) n usahakan transaksi d tempat anda (lokasi tokek). PS:bnyk org yg ngaku2 mau beli tokek dgn hrg fantastis, tp aku lom prnh lht transaksi tokek diatas Rp.5jt

    Balas

  23. jaff
    Sep 15, 2010 @ 12:34:17

    sy mahu beli tokek dr pontianak.sy org kuching sarawak malaysia.sy bleh beli dgn harga 20juta rupiah bg tokek 350gram ke atas. email sy ya mchez87@gmail.com

    Balas

  24. jaff
    Sep 15, 2010 @ 12:38:46

    sy dari sarawak malaysia mahu menbeli tokek dari pontianak.berat 350gram keatas.harga belh runding RP20juta keatas

    Balas

  25. jaff
    Sep 15, 2010 @ 12:40:21

    sy dari sarawak malaysia mahu membeli tokek dari pontianak.berat 350gram keatas.harga belh runding RP20juta keatas.email sy mchez87@gmail.com

    Balas

  26. opy
    Sep 22, 2010 @ 15:39:41

    di jual 2 ekor tokek rumah se harga 40 juta kalaw ada minat hubungi 081374226707
    di tnngu se cepat nya

    Balas

  27. opy
    Sep 22, 2010 @ 15:40:28

    di jual 2 ekor tokek rumah se harga 40 juta kalaw ada minat hubungi 081374226706
    di tnngu se cepat nya

    Balas

  28. Jack
    Sep 30, 2010 @ 21:20:37

    di jual tokek bintik merah, 27 cm, baru ditangkep di samping rumah. wilayah jakarta timur.
    ditunggu secepatnya.
    hub. 085719684028

    Balas

  29. saiful
    Okt 28, 2010 @ 14:38:39

    memang bagus tangkap tokek,cepat kaya.

    Balas

  30. mr ong
    Nov 22, 2010 @ 13:43:30

    siapa minat jual call saya 0168953335 org kuching saja ………… pontinak pun boleh jual saya harga tinggi

    Balas

  31. raja
    Nov 25, 2010 @ 09:53:23

    saya ada tokek berat 3,2 ons . .
    1 ekor aja, ada yg minat?? seriuss.. butuh duit. .

    call 085751196134 (pontianak)

    Balas

  32. mr ong
    Nov 26, 2010 @ 12:34:37

    siapa ingin pergi kuching 300g malaysia duit 100k ……0168953335

    Balas

  33. jon
    Des 10, 2010 @ 15:27:31

    bagaimana cara menjual tokek 300gram ke kucing. apa tidak bermasalah di border entikong. saya mau jual ke mr ong yang 300gram panjangnya 40cm lebarnya 3 jari. atau mr ong datang ke kota sanggau saja. kucing – sanggau kan dekat. tokeknya masih di kota ketapng. tapi bisa saya bawa ke sanggau kalau mr ong positip mau beli.
    hub. jon 085245566811

    Balas

  34. izwan
    Jan 03, 2011 @ 12:37:55

    saya ade 8 ekor tokek rumah (bintik merah) yang beratnya 300g – 360g . Tokek tersebut sekarang berada di rumah pakcik saya di Surabaya Indonesia. Tokek tersebut telah menjadi milik saya kerana saya telah membelinya. Jika berminat kite bole lakukan urusan jual beli samada di Surabaya,Indonesia atau di Johor Bahru, Malaysia. Hubungi Izwan (+6012-7415118).

    I have 8 fish house gecko (red dots), which weighs 300g – 360g. Gecko is now in my uncle house in Surabaya, Indonesia. The Gecko has become my own because I had to buy it from y uncle. If you are interested we can do the transaction, whether in Surabaya, Indonesia or in Johor Bahru, Malaysia. Contact Izwan (0127415118)

    Balas

  35. iswanto
    Jun 21, 2011 @ 21:52:27

    Bagi yg butuh ada 59 ekor sebagian besar 2 ons. Dijual 400/ekor berminat hub no saya 081213764814 cibitung BEKASI thanks

    Balas

  36. tony
    Agu 23, 2011 @ 13:08:59

    Saye ade seekor iguana hijau seberat 2kg- 3kg..Sape yg hendak beli boleh hubungi no 0127476990

    Balas

  37. ade sukarno
    Mei 29, 2012 @ 09:13:16

    mr ong ane punya tokek bintik merah berat engga berat berat amat tapi buntutnya bercabang
    kalo minat call me mr ong 089636419483

    Balas

  38. maman
    Jun 12, 2012 @ 21:37:19

    saya ada tokek panjang 36 dan 38 cm… kalau mau hubungi no hp 085391976768

    Balas

  39. Ady Muhammad Zhaky
    Okt 05, 2013 @ 10:26:52

    Saya mnemukan habitat tokek tpi unik nya setiap mau di ambil slalu muncul ular besar sebesar drum munkin ular .

    Balas

  40. Ady Muhammad Zhaky
    Okt 05, 2013 @ 10:29:09

    Saya mnemukan habitat tokek tpi unik nya setiap mau di ambil

    Balas

  41. Ady Muhammad Zhaky
    Okt 05, 2013 @ 10:34:30

    Tokek masih mahal kog harga pda Tahun 2013

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: