Pakis Tanduk Rusa

p1110117a

p1110118a

Jenis Tanaman Pakis, disebut Pakis Tanduk Rusa, karena ujung daun bercabang seperti tanduk rusa. Saya beli 3 tahun yg lalu hanya satu mata (satu tunas), kemudian saya tempelkan di batang pohon siantan, jadi agak teduh.  Berkembang biaklah dia jadi sangat rimbun, baru satu bulanan ini saya potong2 dipecah jadi 5 papan. Ini bukan jenis pohon mahal sih, tapi cukup menarik untuk ditempel di batang2 pohon besar atau didinding halaman.

Iklan

4 Komentar (+add yours?)

  1. Frida1212
    Apr 06, 2010 @ 16:20:38

    kalo ditempel di tembok bisa nggak yah?! Soalnya, di rumah nggak ada pohon yang cukup besar buat ditempeli tanduk rusa ini. Paling besar pandan bali.

    Balas

    • Tjing Wen
      Apr 06, 2010 @ 23:37:59

      Hallo Frida, menurut rekan saya yang memang lebih hobby tanaman dibandingkan saya. Dia bilang Tanaman Pakis Tanduk Rusa bisa lebih bagus hasilnya jika ditempelkan pada batang pohon palem atau kelapa.

      Tapi seperti yang saya miliki, cukup ditempel pada sebilah papan kayu biasa atau lebih baik menggunakan bilah papan pakis dan ditempel/digantung di tembok juga bisa koq.

      Balas

  2. ari
    Jun 24, 2013 @ 00:59:19

    dulu thn 1994 saya pernah punya secara tidak sengaja (tdk ditanam tp dr kotoran burung atau mungkin dari serpihan sarang burung) tiba2 aja ada pakis yg muncul (awalnya seperti jamur tp lama2 jadi gedhe) dan berkembang biak diatas tembok pembatas yg blm dicat, tanpa disiram tanpa peneduh pula, eh bisa hidup, aneh tapi nyata hehehehe… kaya mama itu bikin jelek pemandangan tembok alhasil di cabut dan dibuang, wah skrg malahan banyak ditempel sbg hiasan hehehehe… tau gitu dulu tak pungut aja yah sapa tau bisa jadi peternak pakis tanduk rusa yg pertama di indonesia hahahahaha…. ^_^

    Balas

  3. Tjing Wen
    Jul 16, 2013 @ 00:50:19

    Ha3x…berarti bukan rejeki anda buat jadi pioner pedagang pakis tanduk rusa

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: