Sri Gading

picture-0863Kata rekan saya nama tanaman ini adalah SRI GADING, bentuk bunganya seperti bunga melati. Tapi ada keunikannya tersendiri dimana batang kelopak bunga berwarna oranye dan cukup harum baunya. Permukaan daun kasar seperti ampelas dan ini termasuk salah satu jenis tanaman obat, tapi saya lupa untuk obat sakit apa !!!

Iklan

8 Komentar (+add yours?)

  1. Naning
    Mei 17, 2010 @ 09:11:06

    dimana saya bisa mendapatkan tanaman ini ?

    Balas

  2. Tjing Wen
    Mei 18, 2010 @ 02:42:43

    Hallo Naning, tanaman “Sri Gading” ini biasanya masuk ke dalam kelompok “tanaman obat”. Saya memperoleh bibit tanaman ini dari hasil stek yg dibuat oleh rekan sekantor saya.

    Balas

    • Naning
      Feb 08, 2013 @ 16:35:28

      maaf baru balik lagi … baru ngeh pertanyaan saya sudah dijawab. Anyway, btw, saya kepingin sekali dapat bibit tanaman ini. Dan sudah googling sampai pusing tapi belum ketemu info penjual bibitnya di jakarta dan sekitarnya (ketemu di california). tetangga kanan kiri dan relasi juga belum ada yang punya. Jadi, bolehkah saya minta potelan (hehe … yang bener apa ya… setekan?) dari bapak. Klo boleh biayanya berapa, prosedurnya gimana, klo harus datang ke rumah bapak juga nggak papa… (kata web penjual yang di california itu, tanaman ini nggak suka shipping, nanti dia rontok n sakit), Terima kasih sebelumnya.

      Balas

    • Joharibr Filter
      Nov 24, 2013 @ 22:23:08

      maaf,saya butuh kembang srigading buat obat anak saya.kira2 saya bisa mendapatkannya dimana?hub saya di 081574403108

      Balas

  3. Offi
    Mei 27, 2010 @ 07:53:53

    Lho… setahu saya itu namanya bunga Tanjung… Orang tua saya mengatakan kalo bunga Tanjung itu seperti bunga melati harum juga tp buntutnya berwarna orange…
    Kalo itu memang bukan bunga tanjung…
    Bisakah saya dibantu untuk diberi perbedaan antara bunga Tanjung dan Sri Gading?
    Saya jadi penasaran… Apalagi saat ini sy lg gencar mencari informasi mengenai tanaman yg semasa kecil dulu begitu banyak & berkesan akan tetapi sekarang di beberapa daerah sy tidak menemukannya bahkan banyak orang yang tidak tahu.. Salah satunya bunga Tanjung tersebut..
    Tanaman Indonesia ternyata semakin langka di temukan di wilayah pedesaan juga…

    Balas

  4. Tjing Wen
    Jun 02, 2010 @ 23:02:08

    Hallo Offi, pohon Tanjung jika sedang berbunga memang sangat harum, terutama jika kita berada di dekatnya pada sore hari.

    Setahu saya, Pohon Bunga Tanjung merupakan tanaman keras dan bisa tumbuh menjadi besar. Kadang ditanam sebagai tanaman peneduh di pinggir2 jalan dan berbuah warna orange kemerahan jika sudah tua buahnya. Jika dimakan akan terasa agak manis, tapi gimana yah ngomongnya…agak bergetah gituh ? Pohon Buah Tanjung di Komplek Perumahan saya sih masih banyak ditanamani ditepi jalan.

    Kalau tanaman Sri Gading yang fotonya saya posting itu menurut rekan saya, dia beli di penjual tanaman obat! Dan salah satu fungsi tanaman tersebut adalah sebagai obat cacing.

    Hm…kalau tanaman buah yang semasa kecil masih mudah saya temukan tapi sekarang sudah jarang atau bahkan sudah tidak saya menemukannya lagi itu, antara lain Pohon Jamblang (duwet), Pohon Buah Buni (buahnya kecil2 berwarna hitam keungu’an) dan Pohon Buah Gowok atau Gohok disebutnya yah ???

    Balas

  5. samsu haryo subroto
    Mar 09, 2012 @ 14:47:50

    Sewaktu saya masih kecil di Cepogo Boyolali…. didepan rumah nenekku ada bunga seperti itu…. namanya “kembang gambir” ….. dulu di Cepogo, yang sekarang menjadi pasar Cepogo itu berdiri pabrik Teh dengan nama “Sukabumi” sebelum teh diramu/dicampur dengan melati….. campuran yang dipakai adalah bunga gambir tersebut….. karena melati lebih mahal….. sedangkan teh yang di kirim ke Nederland hanya teh saja tanpa campuran melati…. sedangkan para priyayi di Solo kesenengannya dicampur dengan bunga melati……kalau rakyat biasa bunga gambir…. ini seingat saya dongengan dari nenek. Kalau ramuan untuk obat biasanya diuleg dengan kencur untuk bobokan anak balita yang kecapaian…. segenggam bunga gambir dan sekitar 10 lembar jambu kluthuk di rebus untuk perut mulas dan mencret…..dan masih ada yang lain …..

    Balas

  6. bagus subagyo
    Apr 29, 2012 @ 17:28:13

    saya penyuka bunga ini……..kenangan masa kecil.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: