Tokek bertelur …

Setelah sekian bulan mencoba memelihara tokek, ternyata ada beberapa ekor tokek betina yang bertelur.  Telur-telurnya itu lucu, tidak seperti telur cicak pada umumnya.  Bagian luar kulit telur tokek itu seperti memiliki perekat yang sangat kuat dan cangkang telur tokek itu lunak seperti cangkang telur penyu.  Sehingga jika dilihat seperti balon yang diisi dengan air sedang dilekatkan di dinding.

Telur-telur tokek itu ada yang melekat/menempel pada kaca aquarium (karena ditempatnya menggunakan aquarium) dan ada juga yang melekat di dalam serta di luar rumah-rumahannya (saya buatkan dari potongan-potongan papan yang dibentuk persegi empat memanjang).

Pada saat pertama kali saya menemukan ada tokek yang bertelur (yang saya tempatkan di dalam aquarium), wah… senang sekali rasanya.  Segera saya beritahukan anak-anak dan istri saya, he… he… he… mereka saling berebut untuk melihatnya, karena baru pertama kalinya ini melihat telur tokek !!!

Anak saya yang kecil, sampai wanti-wanti sama saya… “Papa… ntar kalau telurnya menetas… anaknya buat saya yah !”.   “Khan kata yang jual, tokek itu akan bisa jinak kalau dipelihara sejak masih kecil”, katanya lagi.  Sampai-sampai dia sudah menyiapkan satu aquarium kecil (aquarium untuk reptil), untuk menempatkan anakan tokeknya itu nanti.

Keesokan harinya, setelah pulang kerja dan setelah selesai ngopi, saya langsung memberi makan tokek.  Saat saya lihat ke dalam rumah-rumahannya dengan menggunakan lampu senter, wah… ternyata telur-telurnya itu pada pecah (tokek rata2 sekali bertelur itu sebanyak dua butir).

Langsung saja saya teriak, “Telur tokeknya pada pecah !!!”.   Lantas saja anak saya yang kecil yang pada saat itu sudah masuk ke kamar untuk tidur, dia menangis… menangis karena mengetahui telur tokek yang diharapkan dapat menetas, ternyata sudah pecah.   Sedih juga sih !!!   Telur-telur itu sepertinya pecah karena ketubruk-tubruk induknya juga, karena telur-telur itu melekat di sisi bagian bawah, dalam rumah-rumahannya itu.

Selang beberapa minggu kemudian, tokek betina itu bertelur lagi.   Kali ini dia bertelur di sisi kaca aquarium, ngak pecah sih… tapi ngak juga menetas dan sepertinya jadi rusak/membusuk.  Belakangan ini dia bertelur lagi, tapi sampai dengan hari ini masih belum juga ada yang berhasil menetas.

Ada hal lain yang saya perhatikan juga, baik itu si betina mau si jantan, tokek ternyata sangat menjaga telur-telurnya (diluar masalah pecah karena ketubruk-tubruk induknya juga).   Saya ketahui ketika hendak memberinya pakan jangkrik, saat  tangan saya mendekat ke arah rumah-rumahannya itu (dekat telur-telurnya), tokek-tokek itu menjadi lebih galak dibandingkan jika tidak sedang bertelur.  Mulutnya terbuka lebar dan mengeluarkan suara seperti mendesis, seperti sedang bersiap untuk menggigit.

Disatu sisi, saya mengharap bisa punya anakan tokek (menghayal dulu ah… khan lucu… imut-imut !!!).  Tapi disisi lain, koq tokek-tokeknya itu, baik yang jantan maupun yang betina pertumbuhan badannya sangat-sangat lambat, jika tidak ingin dikatakan : “Koq ngak gede-gede yah ???”

Tokek-tokek yang saya tempatkan di kandang-kandang yang lain, pertumbuhan tubuhnya itu kelihatan perbedaannya (menjadi agak lebih besar) dibandingkan sewaktu baru beli, bagian pangkal ekornya jadi gemuk.   Tapi mungkin ada benarnya… tokek betina pertumbuhan tubuhnya itu relatif sangat lambat dibandingkan dengan pertumbuhan tubuh tokek jantan.

Demikian sekelumit pengalaman saya dalam memelihara tokek.   Jika ada rekan-rekan yang punya pengalaman lain, mohon sharing pengalamannya juga yah….  Terima kasih.

About these ads

30 Komentar (+add yours?)

  1. fox
    Feb 07, 2010 @ 16:48:02

    anything abut tokek..pasti laku keras…sukses terus ….hunting tokek keluar pulaju

    Balas

  2. maxriot
    Feb 21, 2010 @ 18:40:11

    Di kandang tokek saya ada seperti jamur berbentuk telur. apa itu telur tokek ya?

    Balas

    • Tjing Wen
      Mar 14, 2010 @ 23:53:57

      Hallo bro Maxriot, bisa jadi itu memang telur tokek. Biarkan saja…siapa tahu nanti menetas !!!

      Balas

      • jhovan
        Okt 08, 2011 @ 21:16:16

        apakan pertumbuhan induk tokek betina itu jadi lambat karna bertelor Ko?
        saya juga punya 3 ekor tokek kalau ga salah 1 ekor betina 2 ekor jantan,dan beratnya masih sekitar 2 ons…
        trus ke3 tokek itu saya satukan,…apakah itu bernasalah nanti ko?

        OVAN

      • Tjing Wen
        Okt 22, 2011 @ 02:16:26

        Sepertinya begitu…
        Yang saya pelihara…sudah 2 tahunan ini sama sekali tidak nampak pertumbuhannya

  3. suharta
    Mar 06, 2010 @ 15:30:54

    apa sih bedanya yang jantan dan betina. kawinnya disengaja atau dibiarkan alami? mo tahu soal tokek

    Balas

  4. Tjing Wen
    Mar 06, 2010 @ 23:04:33

    Hallo bro Suharta, mengenai jenis kelamin tokek anda bisa baca2 di http://tjingwen.com/2009/10/18/gender-tokek/

    Soal dia bisa berjodoh, itu saya juga ngak tahu secara pasti. Tapi ada satu kandang yg sengaja saya campur, antara tokek jantan dan betina, akhirnya dia bertelur tuh ! Tapi sampai saat ini belum pernah ada yg berhasil menetas.

    Balas

  5. Eddy Abel Kating
    Mar 14, 2010 @ 20:56:19

    Salam berkenalan…saya ada pelihara Beberapa ekor Tokek…Masalah yang saya hadapi sekarang adalah ada beberapa ekor Tokek saya tak nak makan sampai ada yang tewas kehidupannya…dah sia bagi Lipas, cengkerik dan serangga yang lain, puna masi tak nak makan…ada kah cara lain untuk di beri makan separti Baja, Nasi atau lain2?…sekian terima Kasih…Salam Damai…

    Balas

  6. nanang
    Apr 09, 2010 @ 14:55:31

    hallo om ke’tnye’ harga jual tokek dengan berat 1.5 ons pa ndak sampek 1 jete?.ciei fisik putih bentol2 kuning merah.

    Balas

    • Tjing Wen
      Mei 04, 2010 @ 22:56:55

      Hallo bro Nanang,

      Kalau baru 1 sampai 1,5 ons pastinya dibawah sejuta lha.
      Saya sendiri beli bahan yg beratnya kisaran 1 sampai 1,2 ons cuma Rp,25.000,-
      Masalah warna putih atau bersih itu khan karena baru ganti kulit.

      Balas

  7. cobs
    Mei 05, 2010 @ 10:35:18

    Salam, Apa Khabar? Saya Ada Tokek Hendak Jual Jika Berminat Email Saya Secepatnya.

    P/s: Segala Perbelanjaan Untuk Bertemu Dengan Saya Adalah Tanggungan Sendiri.

    Balas

    • Ben
      Nov 14, 2010 @ 16:15:25

      Saya tertarik utk berternak tokek. tp sy blm tau dimana saya bs membeli anak atau biangnya? tlng info ke email aq yh tq

      Balas

  8. werty boyz&winty boys
    Mei 17, 2010 @ 16:18:16

    saya ada telur tokek 20 biji yang mau menetas & macam mana mau pelihara tokek bagi makan apa tokek tu …………. tokek pandai minum kah ………….. aku bagi kau $100000000…………………………………………………………………………………………………………………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Balas

  9. Dhimaz
    Mei 31, 2010 @ 15:16:39

    Tokekku juga pernah bertelur,om. Tapi pecah juga. Akhirnya yg betina kupisahkan. Ptama nangkep beratnya sekitar 2ons (1ons..100gram), skarang dah jadi 2.5 ons. Kira2 klo dijual brapa ya om? Aku sih yakin umurnya udah tua.

    Balas

  10. yudhi-cirebon
    Jul 06, 2010 @ 12:53:08

    untuk semua. saya tertarik untuk berternak tokek pertama bagaimana prospek kedepannya? ada yang tau pasaran harga tokek untuk saat ini ? ada yang tau tempat untuk menjual tokek sekitar cirebon. trims buat semuanya.

    Balas

  11. edward hanafiah pratama
    Des 09, 2010 @ 16:45:14

    om,,, tokek saya bertelur 2 buah,,, tp stalah seminggu telur yg satunya bolong dimakan jangkrik….
    kesel banget om… gmana ya caranya supaya telurnya bisa menetas dengan baik…??
    Tolomg infonya y>>?

    Balas

    • Tjing Wen
      Des 20, 2010 @ 21:11:29

      Hallo Edward, maaf baru sempat dibalas.
      Wah…saya sendiri belum punya pengalaman untuk itu. Tokek2 saya juga sering bertelur, tapi belum ada satupun yang menetas. Bingung juga sih, mungkin ada rekan2 lain yang sudah lebih berpengalaman, bisa ikutan sharing pengalamannya di sini. tks

      Balas

  12. hverowijaya
    Jan 26, 2011 @ 12:27:33

    Rabu, tgl 19 Januari 2011 sy mmbli tokek dng seorang bpk , nah pd waktu setelh saya membli tokek sy simpan dlm karung slma 3 hari dan pd waktu itu tokeknya masih ganti kulit, kemudian sy mmbuat kndang tokek kurang lebih ukurannya 100 cm lebar 75 cm lalu sya membli jangkrik dan sy mndgar pernah ada tman yg bilang coba kasih bambu, terus sy ambil bmbu sy potong kurang lebih 40 cm lalu sy taruk dlm kandang tokek beserta tokeknya juga, dan kemudia sy melihat tokek itu msuk dlm bambu stlh tokek itu keluar eee…gk taunya sy melihat ada 2 buah warnah putih bulat lonjong menmpel di dlm bambu ternyta ada telur tokek heee..hheee snang skali rasanya melihat tokek itu bertelur dan skrng sy menungu telurnya menetas doakan ya friend all, by hvero curup-bengkulu

    Balas

    • Tjing Wen
      Mar 31, 2011 @ 21:39:35

      Hallo Hverowijaya,

      Semoga telur tokeknya menetas yah…jika sudah berhasil menetas pasti seneng banget nih.
      Soalnya tokek2 saya, walaupun sudah seringkali bertelur, tapi belum ada satupun yang berhasil menetas.

      Balas

  13. hverowijaya
    Jan 31, 2011 @ 20:01:42

    om sy mw nanya klw tokek bertelur brp lama ya om.. mhon balasannya

    Balas

  14. lia
    Mar 28, 2011 @ 00:02:05

    Salam kenal
    Saya mau tanya, berapa y harga tokek klo 2 ons? Saya punya beberapa tokek dirumah, y kurang lebih 4 ekor, dimana y saya bisa mnjual tokek-tokek saya? Biar saya bisa menhasilkan uang, saya pengen beli mobil hehe..makasi. Bila berminat dapat email saya y? Sekali lagi Makasi.

    Balas

  15. Fransiskus Mark
    Apr 12, 2011 @ 00:08:31

    No mediator…
    Bagi buyer yg berminat & serius aja….
    Silakan Hubungin Fransiskus di 021-98834393 ato 085215868456.
    Tokek bisa di liat di sini http://jakartacity.olx.co.id/item_page.php?Id=187905961&g=6

    Balas

  16. Herry Hanly
    Agu 28, 2011 @ 22:24:18

    berapa ;lama telur tokek menetas

    Balas

  17. leo
    Apr 13, 2012 @ 14:17:23

    Dimana bisa beli bibitnya ya…??

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: